Sunday, November 19, 2017

Travel Umrah Hemat di Sawahlunto, Sumatera Barat

Penyelenggara Ibadah Umroh Terpercaya di Sawahlunto, Sumatera Barat– Jumlah jamaah umroh dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan, beberapa media tanah air sempat menunjukan data tahun 2015 jumlah orang yang berumrah berkisar 717.000 orang sedangkan pada tahun 2016 berkisar mencapai 818.000 orang. Kemungkinan pada tahun 2017 jumlah orang yang berumrah akan mengalami peningkatan juga.



 


Banyaknya jumlah pendaftar umrah mengakibatkan banyak sekali travel umrah yang berada di tengah-tengah masyarakat, termasuk biro perjalanan umroh elharamainwisata di kota bekasi. Berbagai paket disediakan oleh travel umrah mulai dari paket ibadah umroh ekonomis, paket umroh regular, paket umroh ekonomis. Bahkan jika anda melakukan riset, terdapat banyak travel umroh yang menawarkan paket umroh beserta ziarah ke tempat-tempat bersejarah bagi umat muslim.


Dalam pembahasan kali ini elharamain wisata akan mengulas secara lengkap berbagai informasi yang berkaitan dengan haji dan ibadah umroh termasuk juga kenapa biro travel umrah dapat memberikan paket ibadah umroh hemat kepada jamaahnya. Sebelum kami mengupas lebih jauh lagi, mari kita bahas terlebih dahulu apa sih pengertian haji dan umroh.


Pengertian haji dan Umrah


Haji merupakan datang menuju tanah suci  (ka’bah)) untuk mengerjakan suatu  amal ibadah tertentu sesuai dengan tuntunan yang sudah ditetapkan oleh syariat. Melaksanakan haji hukumnya wajib bagi umat islam yang mampu atau memiliki biaya untuk mengerjakannya. Kemudian haji  dapat dilakukan di bulan zulhijjah.


Sedangkan ibadah umrah memiliki arti datang ke Baitullah dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan melakukan berbagai syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh  syariat. Waktu melaksanakan ibadah umrah boleh kapan saja dilakukan.


Pelaksanaan umrah


Sudah menjadi hal yang wajar apabila ibadah haji sering disamaratakan dengan ibadah umrah dikarenakan banyak orang menilai bahwa kedua ibadah tersebut sama-sama dilakukan di tanah suci. Akan tetapi dalam pelaksanaan umroh terdapat beberapa rukun yang berbeda. Berikut ini adalah tahapan yang harus anda lakukan ketika melaksanakan umroh


Menuju Tempat Miqat


Miqat merupakan sebuah tempat yang biasanya digunakan untuk memulai niat berumrah dan mengenakan pakaian ihram. Miqat dikerjakan di Bir Ali. Meskipun pakaian ihram boleh dipakai sejak di Madinah. Namun, niatnya harus dikerjakan di Bir Ali.


Sedangkan niat ibadah umroh sendiri membaca "Labbaikallahumma 'umratan" yang memiliki arti "Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk berumrah”. Apabila anda telah mengenakan pakaian ihram, kemudian dilanjut dengan shalat sunnah ihram 2 rakaat.


Tidak Memakai Wewangian


Pada saat anda sedang menggunakan pakaian ihram maka anda tidak diperkenankan menggunakan parfum, mandi menggunakan sabun, sikat gigi memakai pasta gigi, menggunakan peci atau pakaian lain, sampai tak diperbolehkan melakukan hubungan suami istri.


Melafadzkan Talbiyah


Ketika anda sering melihat bahwa ibadah haji sering melafadzkan kalimat Talbiyah maka pada saat ibadah umrah juga perlu mengucapkan kalimat talbiyah. Semakin sering diucapkan, maka semakin utama kemuliannya.


Pada saat semua persiapan sudah dikerjakan, barulah ibadah umrah dilakukan sesuai rukunnya.


1. Melakukan Tawaf sebanyak 7 kali.


Ketika anda sedang melaksanakan ibadah umrah, anda harus melaksanakan tawaf sebanyak 1-3 kali dengan cara berlali kecil. Setelah itu dilanjutkan 4-7 putaran dengan cara berjalan biasa. Sedangkan Tawaf dimulai dari garis lurus yang berada di antara pintu Kabah dan lampu yang di pasang di sisi masjid.


Sembari melihat ke Kakbah, anda wajib melambaikan tangan sebanyak 3 kali sambil membaca ‘Bismillah, Allahu Akbar.’ Selain itu, tawaf biasanya diiringi dengan bacaan doa seperti yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah 201


Kemudian dilanjut shalat 2 rakaat di depan makam Ibrahim, dan minum air Zam-zam yang diawali dengan doa terlebih dulu


2. Melakukan Sai sebanyak 7 kali bolak-balik.


Pada tahapan ini Sai dilakukan dengan berjalan. Namun ketika anda masuk ke area batas 2 lampu hijau, disunnahkan untuk lari-lari kecil. Sai yang dikerjakan dari Shofa ke Marwah bisa dihitung satu kali, lalu dari bukit Marwah ke bukit shofa dihitung dua kali. Begitu seterusnya hingga tujuh kali.


3. Melakukan Tahallul


Telah menjadi sebuah keharusan bagi jamaah yang sedang melaksanakan ibadah umroh untuk memotong rambut atau sering kita sebut sebagai tahallul. Mencukur rambut disini bisa {dikerjakan|dilakuka mencukur sebagian, tetapi diutamakan dicukur seluruhnya. Tahallul ini dilakukan sesudah mengerjakan Sai yang ke tujuh.


4. Tertib


Tertib merupakan sebuah rukun ibadah umroh yang harus  dilakukan oleh setiap umat muslim yang berumrah. Tertib adalah melakukan rukun secara berurutan dari nomor 1 hingga nomor 3. Barulah ibadah umrah dinyatakan sah dan selesai.


Niat Umrah


Kami mengingatkan kembali kepada jamaah yang hendak melaksanakan umroh niatkan ibadah ini untuk Allah Ta’ala. Ditakutkan nantinya menjadi sebuah kesia-siaan apabila sebuah ibadah umrah diniatkan untuk hal-hal lain seperti ingin berfoto bersama artis, ingin berbelanja di arab saudi, ingin ini dan ingin itu.


Walaupun umroh bisa dikerjakan kapan saja akan tetapi perlu dilakukan dengan baik dan diniatkan sesuai tuntutan syariat. Mengingat ibadah umroh memerlukan budget yang tidak sedikit maka ketika memakai travel umrah anda wajib hati-hati, percayakan urusan manasik umroh kepada biro terpecaya misalkan seperti elharamain wisata.


Umrah hemat


Biasanya jamaah tergiur dengan harga paket ekonomis yang menyebabkan hal itu menjadi senjata bagi travel nakal untuk melakukan tindakan penipuan. Mahal atau ekonomisnya biaya perjalanan ibadah umrah setiap tahunnya tergantung dari sudut pandang masing-masing jamaah.


Akan tetapi yang perlu dicatat yakni jika sarana dan prasarana yang disediakan oleh biro umrah tersebut sebanding dengan tarif, maka hal itu wajar-wajar saja. Nilai dollar yang meningkat juga menjadi satu diantara faktor kenapa seringkali tarif umrah mengalami peningkatan dan penurunan.


Walaupun elharamain wisata menyediakan paket umrah ekonomis jika dibanding dengan biro perjalanan lain tentu saja sarana dan prasarana yang kami berikan sebanding dengan biaya yang kami berikan. Hal tersebut kami lakukan tidak lain demi kenyamanan dan keamanan jamaah umroh sendiri.


Travel Umrah hemat Terpecaya


Memakai biro jasa umroh terpecaya memang perlu sekali terlebih lagi bagi anda yang baru pertama melakukan umrah. Pendamping umroh yang sudah pengalaman menambah nilai tersediri bagi jamaah karena dengan didampingi pembimbing tersebut, manasik umrah terasa lebih khusyuk.


Sudah pasti anda merasa kurang nyaman jika seandainya anda mengerjakan ibadah umroh dengan mengeluarkan biaya yang cuku banyak akan tetapi disana anda merasa bingung dalam mengerjakan umroh. Disinilah peran dari pembimbing tersebut, ketika anda merasa bingung maka pembimbing tidak sungkan untuk membantu anda.


Selain pembimbing berpengalaman pastikan juga legalitas biro jasa umrah yang anda pakai asli dari kemenag. Seringkali terdapat biro perjalanan umrah yang belum terdaftar di kemenag memberanikan diri untuk beroperasi dan menerima calon jamaah.



Sudah pasti anda tak mau apabila uang yang telah anda kumpulkan hilang begitu saja. Oleh karena itu pastikan dan percayakan perjalanan ibadah umrah anda kepada elharamainwisata yang berada di bekasi. PT.Dhiyaa El Haramain El Mubarakah sudah memiliki izin dan legalitas resmi dari Pemerintah Indonesia.


Tidak susah untuk mencari Travel Umroh Ekonomis dengan Fasilitas terbaik. Semua fasilitas Terbaikdapat anda nikmati dengan memakai jasa travel Elharamain Wisata dengan mengunjungi web resminya di www.elharamainwisata.com dan dapatkan pelayanan perjalanan Umrah terbaik anda dengan Travel umroh Bekasi


khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini untuk Konsultasi


klik di sini untuk pemesanan Elharamain Wisata melalui wa


klik di sini untuk menghubungi kami


Klik di sini untuk melakukan pemesanan

Author Profile

About Safina Zulaika

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Travel Umrah Hemat di Sawahlunto, Sumatera Barat

Post a Comment

Back To Top